Lindungi Kendaraan Dari Sekarang

Semua informasi mengenai tips dan keuntungan menggunakan fitur proteksi asuransi kendaraan untuk motor dan mobil

Ini Penampilan Mobil Tertua di Indonesia

Mobil mungkin menjadi salah satu alat tranportasi yang paling berpengaruh dalam sejarah umat manusia. Sejak pertama kali ditemukan, kendaraan roda empat ini langsung meraih popularitas di kancah internasional dan didistribusikan ke berbagai negara. Di Indonesia sendiri, mobil juga memiliki peran penting dalam sejarah bangsa. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita membahas sedikit tentang sejarah mobil tertua di Indonesia.

Mobil pertama sekaligus yang tertua di Indonesia adalah mobil Benz Victoria Phaeton dari Jerman. Mobil ini adalah mobil yang dipesan oleh Sultan Pakubowono X dari Kesultanan Surakarta, mobil ini sendiri didatangkan ke Pulau Jawa pada tahun 1894. Mobil ini dibeli oleh Sultan dengan harga sepuluh ribu Gulden, harga yang sangat fantastis untuk kendaraan di masanya.

Mobil buatan Jerman ini dipesan oleh Sultan Pakubuwono melalui seorang pria berkebangsaan Inggris beranama, John C. Potter. Ketertarikan Sultan Pakubuwono untuk memiliki mobil muncul setelah melihat sebuah sepeda motor yang dibawa oleh Potter. Akhirnya, beliau meminta Potter untuk membelikan kendaraan yang lebih mewah, Potter menyanggupi permintaan beliau dengan membelikan Benz Phaeton ini.

Benz Phaeton sendiri merupakan sebuah mobil dengan spesifikasi yang sederhana, tapi sudah cukup cangih di jamannya. Benz Phaeton memiliki satu buah silinder yang menghasilkan tenaga sebesar 5 Hp dan dilengkapi dengan empat buah roda karet yang padat dan keras. Selain itu, mobil ini juga memiliki kabin yanhg cukup luas dan mampu menampung tujuh penumpang.

Baca juga: pentingnya asuransi mobil

Fakta lain yang cukup menarik adalah banyaknya orang Jawa yang menyebutnya “Kereta Setan.” Istilah Kereta Setan sendiri muncul karena keheranan orang – orang saat melihat sebuah kendaraan yang mampu berjalan tanpa ditarik oleh seekor kuda, rasa heran tersebut bisa dimaklumi lantaran kendaraan yang paling lazim ditemui saat itu adalah kereta kuda.

Setelah berada di Indonesia kurang lebih dua puluh Sembilan tahun, mobil tertua di Indonesia ini akhirnya diboyong ke sebuah museum di Belanda. Paska pensiun, mobil ini sempat dipamerkan di berbagai pameran otomotif. Tentu saja kehadiran Benz Phaeton milik Sultan Pakubuwono ini sangat menarik, mengingat mobil ini merupakan mobil pertama di Indonesia.

Sebagai salah satu kendaraan paling bersejarah di Indonesia, tentu pihak Indonesia juga menginginkannya kembali ke tanah air. Oleh karena itu, Museum Nasional Indonesia sempat megupayakan negosiasi dengan pihak pemerintah Belanda agar mobil tersebut bisa kembali ke Indonesia. Permintaan tersebut memang tidak berlebihan mengingat mobil Mercedes-Benz Victoria Phaeton ini merupakan mobil pertama di Indonesia, sekaligus menjadi artefak penting dalam sejarah otomotif di Indonesia.

Setelah membaca keterangan di atas, tentu anda sudah tahu betapa pentingnya mobil bersejarah tersebut bagi Indonesia. Jika mobil bersejarah tersebut berhasil diboyong kembali ke tanah air, diharapkan generasi masa kini dan generasi yang akan datang menjadi lebih tertarik untuk mengenal sejarah bangsanya, termasuk sejarah dari mobil tertua di Indonesia ini.

Mobil Tercepat Sepanjang Masa

Mobil mewah dan mahal terkadang belum tentu bisa memuaskan pemiliknya, tapi ketika ditawarkan mobil dengan kecepatan diatas 1000 powerhorse maka mobil itu sudah bisa disebut sebagai mobil yang sempurna dari berbagai segi. Tentunya deretan mobil ini memiliki harga yang lebih mahal dari harga mobil mewah yang biasanya.

1. Bugatti Chiron

Mobil ini memiliki kedudukan teratas dengan kecepatan tertinggi hingga 463 km/jam, tetapi Bugatti Chiron dibatasi penggunaannya di jalan umum hingga 420 km/jam.

 

Kecepatan tersebut didukung dengan kinerja mesin W16 8000 cc quad-turbocharged yang telah diperbaharui sehingga dapat menghasilkan tenaga sebesar 1500 horsepower dengan 6700 rpm dan torsi maksimum sebesar 1600 Nm.

 

Agar dapat mencapai kecepatan maksimal, Bugatti Chiron memiliki otomatis dual-clutch 7 percepatan.

 

2. Hennessey Venom GT

Mobil ini merupakan produksi dari Hennessey Performance Engineering. Mobil dengan mesin V8 twin-turbocharged berkapasitas 7000 cc ini tentu tidak ingin kalah dengan Bugatti Chiron.

 

Dengan mesin sebesar itu Hennessey Venom GT dapat mencapai kecepatan hingga 1244 horsepower. Berdasarkan informasi, rekor tercepatnya hingga 435 km/jam.

Baca juga: Sejarah mobil lamborghini

 

3. Bugatti Veyron Super Sport

Selain Bugatti Chiron, perusahaan Bugatti sebelumnya juga memproduksi mobil yang masuk jajaran mobil tercepat di dunia, Bugatti Veyron. Mobil dengan mesin W16 quad-turbocharged bertenaga 1000 horsepower ini berada satu tingkat dibawah Bugatti Chiron.

 

Tidak cukup dengan memproduksi Bugatti Veyron, perusahaan ini pun memproduksi Bugatti Veyron Super Sport dengan tenaga yang lebih cepat mencapai  1200 horsepower atau setara dengan 431 km/jam. Produk Bugatti yang satu ini dinobatkan oleh Guinnes Book of Record sebagai mobil tercepat di dunia.

 

4. Koenigsegg Agera R

Tidak ingin kalah dari Bugatti dan produsen mobil lainnya, Koenigsegg juga menciptakan mobil tercepat di dunia dengan kecepatan tertinggi mencapai 439 km/jam.

 

Koenigsegg Agera R ini memiliki mesin DOHC V8 turbocharged 5000 cc sehingga dapat menghasilkan tenaga sebesar 1140 horsepower dengan torsi maksimal 1000 Nm.

 

5. 9FF GT9-R

Salah satu mobil dengan kecepatan tertinggi di dunia juga dipegang oleh Porsche 911 seri 9FF GT9-R dengan kecepatan maksimal mencapai 413 km/jam dengan durasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 2,9 detik.

 

Mobil ini didukung mesin berkapasitas 4000 cc flat-6 yang sudah bertransformasi sehingga memiliki tenaga sebesar 1120 horsepower. Pada jalan umum 9FF GT9-R ini dapat berlari mencapai 420 km/jam.

 

Didukung dengan transmisi 6 manual speed dengan berat 1326 kg dan sama seperti Porche lainnya, 9FF GT9-R memiliki beragam warna dengan modifikasi garis tengah didepannya.

 

6. Devel Sixteen

Pada urutan pertama dengan mobil yang memiliki kecepatan tertinggi di dunia diduduki oleh Devel Sixteen dengan tenaga mesin sebesar 5000 horsepower.

Kecepatan maksimal dapat mencapai hingga 560 km/jam. Tentunya, mobil mewah super cepat ini memiliki harga yang sangat mahal, yaitu USD 1,6 juta atau sekitar Rp 24 milyar.

 

Baca juga: Review mobil Merchedez Benz

Cara Menghilangkan Karat Pada Kenalpot Dengan Ampuh

Knalpot merupakan saluran pembuangan gas dari hasil transimisi oleh mesin. Knalpot juga didesain dengan benda tahan panas dan tidak mudah karat.

Namun pada kenyataannya di beberapa knalpot baik mobil maupun motor terkadang bisa terjadi pengkaratan.

Proses pengkaratan disebabkan oleh faktor eksternal maupun faktor internal diantaranya terkena air dan panas dari luar maupun panas dari dalam. Di dalam beberapa kasus karat juga dapat membuat knalpot menjadi rusak atau kebocoran.

Seperti yang sudah diketahui karat pada kenalpot lama kelamaan akan mengikis besi knalpot sehingga makin tipis dari waktu ke waktu. Semakin tipisnya besi yang diakibatkan oleh karat tadi membuat besi knalpot rentan terhadap benturan sehingga dapat mengakibatkan kebocoran.

Selain menipisnya besi pada knalpot karat juga membuat besi mudah rapuh bahkan sampai menyebabkan patah. Karena itu anda harus mengetahui cara menghilangkan karat pada kenalpot agar usia kenalpot kendaran anda lebih awet dan tahan lama.

Menghilangkan karat di kenalpot sangat mudah dan beragam cara dapat dipakai. Jika kenalpot anda sudah terlanjur berkarat maka anda harus dengan segera untuk membersihkan karat tersebut agar kenalpot lebih awet.

Namun bukan berarti anda harus merasa tenang jika kenalpot kendaran anda masih belum berkarat. Anda bisa menjaga keawetan kenalpot anda dari bahaya karat dengan melakukan perawatan setidaknya sebulan 2x.

Perawatanya cukup mudah yaitu dengan menggunakan oli bekas atau minyak tanah atau bensin. Caranya anda hanya cukup untuk mengoles kan bahan tersebut ke daerah besi yang mudah berkarat.

Selanjutnya jika kenalpot anda sudah terlanjur berkarat anda bisa menggunakan cara menghilangkan karat pada kenalpot yang akan kita bahas pada artikel berikut ini.

Cara menghilangkan karat pada kenalpot kendaran sangatlah mudah karena proses pelaksanaanya dapat dialakukan dimanapun dan kapanpun selain itu bahan yang digunakan juga dapat ditemukan dengan mudah.

Anda dapat menemukan bahanya melalui toko otomotif atau bengkel atau bisa juga melalui situs jual beli online. Berikut beberapa cara menghilangkan karat pada kenalpot di kendaraan dengan ampuh.

  1. Stempet atau oli gemuk

Stempet banyak dijual di bengkel atau toko otomotif biasanya digunakan untuk melumasi komponen pada kendaraan.

Selain digunakan sebagai pelumas salah satu manfaat lainya adalah dapat menghilangkan karat pada kenalpot dengan ampuh.

Cara pemakaianya cukup simpel anda hanya perlu untuk mengolesnya pada daerah yang berkarat seacar merata.

Kemudian hidupkan mesin kendaraan sampai kenalpot terasa panas dan Stempet akan bekerja secara otomatis dengan cara melelehkan karat pada besi tersebut.

Baca juga: Bingung Memilih Asuransi Mobil? Yakinkan Pilihan Anda Dengan Penjelasan Ini.

  1. Porstex

Porstex merupakan cairan kimia yang dapat melunturkan zat besi seperti cat dan karat. Pemakai porstex pada kenalpot harus berhati-hati jangan sampai porstex mengenai kebagian lain terutama di daerah yang terdapat cat karena porstex dapat melunturkan.

Cara penggunaan porstex cukup dengan mengolesi ke daerah yang berkarat saja kemudian siram menggunakan air sampai bersih ulangi terus proses tersebut sampai karat benar-benar bersih.

Nah 2 cara diatas merupakan cara yang cukup simpel namun juga ampuh untuk menghilangkan karat pada kenalpot. Masih ada beberapa cara menghilangkan karat pada kenalpot lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu pada artikel kali ini.

6 Alasan Mobil Harus Ganti Ban Baru

Ban merupakan komponen yang amat penting pada sebuah mobil, dimana ban menjadi komponen penggerak serta penentu kenyamanan penumpang.

Banyak sekali faktor yang bisa dipengaruhi oleh ban ini, sehingga sangat perlu untuk diteliti kondisinya agar kenyamanan pengendara bisa terjamin.

Pada artikel ini kami akan memberikan 6 alasan mobil harus ganti ban, sehingga anda tetap bisa mendapatkan rasa nyaman saat berkendara.

Hal yang sering menjadi pertanyaan pemilik mobil baru adalah kapan waktu yang tepat dalam mengganti ban, kemudian apa ciri-ciri ban yang sudah harus diganti dan masih banyak lagi.

Agar anda tak penasaran, berikut ini alasan yang harus anda ketahui bahwa ban sudah harus diganti.

  1. Umur ban 3 tahun

Ban pada mobil terbuat dari bahan karet, tentu kelenturan pada ban akan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Semakin lama ban sering dipakai, tentu akan membuat ban semakin tipis dan kelenturannya akan berkurang. Meskipun ban tidak dipakai dalam waktu yang lama, tentu ban akan berkurang elastisitasnya. Umur ban hanya 3 tahun, sehingga sebaiknya segera ganti ban agar mobil tetap nyaman ketika digunakan untuk berkendara.

  1. Jarak tempuh 40 ribu km

Meskipun umur ban anda belum mencapai 3 tahun, namun bila jarak tempuh ban anda sudah mencapai 40 ribu km maka segera lakukan pergantian ban. Umumnya ban anda sudah tipis, dan grip ke aspal sudah tidak begitu kuat seperti baru.

  1. Ketebalan sudah mencapai batas TWI

Setiap ban umumnya terdapat indikasi Tread wear indicator (TWI), dimana tanpa ini menjadi batasan keausan ban. Ketika tapak ban anda sudah mencapai batas ini, sebaiknya segera lakukan pergantian agar ban tidak selip atau pecah saat dikendarai.

  1. Ban gundul hanya tengahnya

Selain dari alasan umum diatas, ada pula kasus dimana ban hanya gundul bagian tengahnya saja. Tentu hal ini bisa dipengaruhi dari cara penggunaan pemilik mobil, dan hal ini perlu dilakukan pergantian. Pasalnya ketebalan sudah tidak seimbang lagi, dan bila dipaksakan maka ban bisa pecah ketika terkena benda keras tepat di bagian tengahnya.

  1. Terdapat benjolan

Adanya benjolan pada ban umumnya disebabkan dari benang maupun kawat di dalam ban yang putus, tentu kondisi ini akan membuat ban mudah pecah dan baiknya segera dilakukan pergantian.

  1. Ban retak-retak

Terjadinya retak-retak pada ban umumnya disebabkan oleh kontak panas yang terlalu sering, atau biasa diparkir di terik matahari dalam waktu yang lama. Ada baiknya bila melihat kondisi ini, segera ganti dan usahakan tidak melakukan hal tersebut lagi.

Itulah 6 alasan mobil harus ganti ban dengan yang baru, semoga dengan adanya penyebab-penyebab diatas anda bisa semakin waspada kepada masalah ban mobil anda.

 

Baca juga: tips memilih ban mobil yang tepat

 

Cara Menemukan Bengkel Authorized Garda Oto

Garda Oto merupakan produk asuransi milik Astra, dimana Garda Oto ini memberikan perlindungan pada kendaraan mobil dengan beragam pilihan. Garda Oto terus mempertahankan pelayanannya secara maksimal, dan hal ini menjadikan Garda Oto sering mendapatkan penghargaan sebagai penyedia Asuransi yang baik.

Hal ini juga disebkan bayaknya bengkel authorized Garda Oto, sehingga tak heran bila banyak pemilik mobil yang percaya pada Garda Oto.

Sebelum anda tahu siapa saja yang menjadi bengkel authorized Garda Oto, ada baiknya bila anda mengetahui apa saja fitur yang dimiliki Garda Oto.

  1. Garda mobile otocare

Dengan menggunakan fitur ini, anda bisa dengan mudah melakukan klaim hanya dengan smartphone anda. Anda bisa mendownload aplikasi ini di Google play store ataupun di app store untuk pengguna iphone.

  1. Garda akses 24 jam

Ketika anda menggunakan Garda Oto, anda akan mendapatkan pelayanan 24 jam non stop. Untuk menggunakan layanan garda akses ini, anda bisa menelepon ke no 1 500 112 dan kami akan segera menanggapi laporan klaim anda.

  1. Klaim online

Untuk melakukan klaim, anda tak perlu repot datang ke kantor penyedia asuransi. Pasalnya anda bisa melakukan klaim secara online, sehingga akan memudahkan anda dimanapun anda berada.

  1. Unit layanan strategis

Anda bisa mengunjungi kantor cabang atau garda center di berbagai lokasi, dimana lokasi unit ini sangat strategis karena terletak di pusat perbelanjaan serta pusat kota.

Itu merupakan fitur yang ada di Garda Oto, anda bisa menggunakan informasi ini untuk meyakinkan ketika ingin memilih penyedia asuransi. Beralih ke bengkel yang tergabung dengan Garda Oto, berikut ini cara yang bisa anda lakukan untuk menemukan bengkelnya.

Langkah yang pertama adalah masuklah ke situs resmi Garda Oto, kemudian carilah tulisan daftar bengkel rekanan Garda Oto. Klik dan anda akan beralih ke sebuah laman, dimana dalam laman ini berisi tentang seluruh wilayah yang sudah tersedia bengkel rekanan Garda Oto. Anda bisa memilih lokasi mana anda berada saat ini, dan klik lokasi tersebut untuk memunculkan seluruh daftar bengkel yang ada.

Artikel terkait lainnya: Cara Pindah Nama Asuransi Garda Oto 

Sebagai contoh ketika anda memilih Jakarta Barat, maka seluruh bengkel yang berada di Jakarta Barat akan muncul. Anda bisa melihat dari situ dimana bengkel yang paling dekat dari lokasi anda, dan anda bisa memilih bengkel tersebut untuk anda gunakan sebagai lokasi pengeklaiman.

Bila anda merasa kesulitan dengan cara ini untuk melakukan klaim dan menemukan bengkel authorized Garda Oto, anda bisa menghubungi Garda Akses. Anda akan diberitahu bengkel mana yang paling dekat dengan lokasi anda, secara detail mulai dari jalan, nomor, serta nama bengkelnya.

Tentunya hal ini sangat membantu, untuk anda yang masih ragu dalam memilih penyedia layanan asuransi.

 

Pilih asuransi TLO atau All Risk? Ini Penjelasannya

Tingginya angka kecelakaan dari tahun ke tahun yang semakin meningkat mengharuskan para pemilik kendaraan perlu meningkatkan perlindungan pada kendaraan. Mungkin Anda bisa terhindar dari risiko luka-luka atau kematian. Tapi, mobil Anda tidak bisa terhindar dari kerusakan. Baik itu kerusakan ringan atau kerusakan berat sekalipun.

 

Oleh karena itulah yang menjadi salah satu alasan pentingnya asuransi untuk mobil. Nah, ada 2 jenis asuransi yaitu TLO (Total Loss Only) dan All Risk. Mana yang menjadi pilihan? berikut penjelasannya.

 

1. TLO (Total Loss Only)

Asuransi jenis TLO adalah asuransi yang di klaim apabila hanya terjadi kehilangan total. Kehilangan total yang di maksud adalah apabila terjadi kehilangan mobil di atas 75% atau kehilangan yang diakibatkan pencurian atau perampasan.

 

Apabila mobil hanya mengalami kerusakan di bawah 75% maka Anda tidak bisa mengklaim dan mendapat ganti akibat kerusakan tersebut.

 

Angka 75% di jadikan patokan karena kemungkinan besar dengan kerusakan tersebut mobil sudah tidak dapat digunakan lagi dan harus di ganti. Kelebihan dari asuransi dari TLO, preminya lebih rendah daripada asuransi all risk.

 

Baca juga: Cara Info Polis Garda Oto Secara Online

 

2. All Risk

 

Asuransi mobil all risk ini artinya secara keseluruhan menanggung segala resiko. Jadi, apabila mobil Anda hanya mengalami kerusakan lecet sedikit, kerusakan besar, dan sampai kehilangan total maka asuransi akan menggantikannya. Hanya saja pembiayaan asuransi all risk lebih mahal di bandingkan asuransi TLO.

 

Saat ini sudah begitu banyak sekali layanan jasa asuransi mobil yang menawarkan berbagai kelebihan apabila Anda menggunakan layanannya. Hanya saja, belum tentu layanan asuransi tersebut mampu memberikan apa yang Anda butuhkan dan menjadi layanan asuransi yang terpercaya.

 

Maka dari itu, untuk memilih jasa layanan asuransi Anda juga tidak bisa sembarangan dan asal. Apalagi hanya sekedar tergiur tawaran murah dengan banyak keuntungan. Selidiki lebih dahulu penjelasan tentang layanan asuransi yang akan Anda pilih. Saat ini sudah sangat mudah sekali apabila Anda ingin mencari tahu layanan asuransi yang terpercaya dan terbaik.

Salah satunya adalah layanan asuransi mobil dari Garda Oto Digital yang memberikan 4 keuntunga, yaitu:

  • Cara bayar yang mudah
  • Polis yang mudah terbit
  • Mudah mendapat bonus
  • Proses klaim yang mudah.