Lindungi Kendaraan Dari Sekarang

Semua informasi mengenai tips dan keuntungan menggunakan fitur proteksi asuransi kendaraan untuk motor dan mobil

6 Alasan Mobil Harus Ganti Ban Baru

Ban merupakan komponen yang amat penting pada sebuah mobil, dimana ban menjadi komponen penggerak serta penentu kenyamanan penumpang.

Banyak sekali faktor yang bisa dipengaruhi oleh ban ini, sehingga sangat perlu untuk diteliti kondisinya agar kenyamanan pengendara bisa terjamin.

Pada artikel ini kami akan memberikan 6 alasan mobil harus ganti ban, sehingga anda tetap bisa mendapatkan rasa nyaman saat berkendara.

Hal yang sering menjadi pertanyaan pemilik mobil baru adalah kapan waktu yang tepat dalam mengganti ban, kemudian apa ciri-ciri ban yang sudah harus diganti dan masih banyak lagi.

Agar anda tak penasaran, berikut ini alasan yang harus anda ketahui bahwa ban sudah harus diganti.

  1. Umur ban 3 tahun

Ban pada mobil terbuat dari bahan karet, tentu kelenturan pada ban akan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Semakin lama ban sering dipakai, tentu akan membuat ban semakin tipis dan kelenturannya akan berkurang. Meskipun ban tidak dipakai dalam waktu yang lama, tentu ban akan berkurang elastisitasnya. Umur ban hanya 3 tahun, sehingga sebaiknya segera ganti ban agar mobil tetap nyaman ketika digunakan untuk berkendara.

  1. Jarak tempuh 40 ribu km

Meskipun umur ban anda belum mencapai 3 tahun, namun bila jarak tempuh ban anda sudah mencapai 40 ribu km maka segera lakukan pergantian ban. Umumnya ban anda sudah tipis, dan grip ke aspal sudah tidak begitu kuat seperti baru.

  1. Ketebalan sudah mencapai batas TWI

Setiap ban umumnya terdapat indikasi Tread wear indicator (TWI), dimana tanpa ini menjadi batasan keausan ban. Ketika tapak ban anda sudah mencapai batas ini, sebaiknya segera lakukan pergantian agar ban tidak selip atau pecah saat dikendarai.

  1. Ban gundul hanya tengahnya

Selain dari alasan umum diatas, ada pula kasus dimana ban hanya gundul bagian tengahnya saja. Tentu hal ini bisa dipengaruhi dari cara penggunaan pemilik mobil, dan hal ini perlu dilakukan pergantian. Pasalnya ketebalan sudah tidak seimbang lagi, dan bila dipaksakan maka ban bisa pecah ketika terkena benda keras tepat di bagian tengahnya.

  1. Terdapat benjolan

Adanya benjolan pada ban umumnya disebabkan dari benang maupun kawat di dalam ban yang putus, tentu kondisi ini akan membuat ban mudah pecah dan baiknya segera dilakukan pergantian.

  1. Ban retak-retak

Terjadinya retak-retak pada ban umumnya disebabkan oleh kontak panas yang terlalu sering, atau biasa diparkir di terik matahari dalam waktu yang lama. Ada baiknya bila melihat kondisi ini, segera ganti dan usahakan tidak melakukan hal tersebut lagi.

Itulah 6 alasan mobil harus ganti ban dengan yang baru, semoga dengan adanya penyebab-penyebab diatas anda bisa semakin waspada kepada masalah ban mobil anda.

 

Baca juga: tips memilih ban mobil yang tepat