Lindungi Kendaraan Dari Sekarang

Semua informasi mengenai tips dan keuntungan menggunakan fitur proteksi asuransi kendaraan untuk motor dan mobil

Cara Menghilangkan Karat Pada Kenalpot Dengan Ampuh

Knalpot merupakan saluran pembuangan gas dari hasil transimisi oleh mesin. Knalpot juga didesain dengan benda tahan panas dan tidak mudah karat.

Namun pada kenyataannya di beberapa knalpot baik mobil maupun motor terkadang bisa terjadi pengkaratan.

Proses pengkaratan disebabkan oleh faktor eksternal maupun faktor internal diantaranya terkena air dan panas dari luar maupun panas dari dalam. Di dalam beberapa kasus karat juga dapat membuat knalpot menjadi rusak atau kebocoran.

Seperti yang sudah diketahui karat pada kenalpot lama kelamaan akan mengikis besi knalpot sehingga makin tipis dari waktu ke waktu. Semakin tipisnya besi yang diakibatkan oleh karat tadi membuat besi knalpot rentan terhadap benturan sehingga dapat mengakibatkan kebocoran.

Selain menipisnya besi pada knalpot karat juga membuat besi mudah rapuh bahkan sampai menyebabkan patah. Karena itu anda harus mengetahui cara menghilangkan karat pada kenalpot agar usia kenalpot kendaran anda lebih awet dan tahan lama.

Menghilangkan karat di kenalpot sangat mudah dan beragam cara dapat dipakai. Jika kenalpot anda sudah terlanjur berkarat maka anda harus dengan segera untuk membersihkan karat tersebut agar kenalpot lebih awet.

Namun bukan berarti anda harus merasa tenang jika kenalpot kendaran anda masih belum berkarat. Anda bisa menjaga keawetan kenalpot anda dari bahaya karat dengan melakukan perawatan setidaknya sebulan 2x.

Perawatanya cukup mudah yaitu dengan menggunakan oli bekas atau minyak tanah atau bensin. Caranya anda hanya cukup untuk mengoles kan bahan tersebut ke daerah besi yang mudah berkarat.

Selanjutnya jika kenalpot anda sudah terlanjur berkarat anda bisa menggunakan cara menghilangkan karat pada kenalpot yang akan kita bahas pada artikel berikut ini.

Cara menghilangkan karat pada kenalpot kendaran sangatlah mudah karena proses pelaksanaanya dapat dialakukan dimanapun dan kapanpun selain itu bahan yang digunakan juga dapat ditemukan dengan mudah.

Anda dapat menemukan bahanya melalui toko otomotif atau bengkel atau bisa juga melalui situs jual beli online. Berikut beberapa cara menghilangkan karat pada kenalpot di kendaraan dengan ampuh.

  1. Stempet atau oli gemuk

Stempet banyak dijual di bengkel atau toko otomotif biasanya digunakan untuk melumasi komponen pada kendaraan.

Selain digunakan sebagai pelumas salah satu manfaat lainya adalah dapat menghilangkan karat pada kenalpot dengan ampuh.

Cara pemakaianya cukup simpel anda hanya perlu untuk mengolesnya pada daerah yang berkarat seacar merata.

Kemudian hidupkan mesin kendaraan sampai kenalpot terasa panas dan Stempet akan bekerja secara otomatis dengan cara melelehkan karat pada besi tersebut.

Baca juga: Bingung Memilih Asuransi Mobil? Yakinkan Pilihan Anda Dengan Penjelasan Ini.

  1. Porstex

Porstex merupakan cairan kimia yang dapat melunturkan zat besi seperti cat dan karat. Pemakai porstex pada kenalpot harus berhati-hati jangan sampai porstex mengenai kebagian lain terutama di daerah yang terdapat cat karena porstex dapat melunturkan.

Cara penggunaan porstex cukup dengan mengolesi ke daerah yang berkarat saja kemudian siram menggunakan air sampai bersih ulangi terus proses tersebut sampai karat benar-benar bersih.

Nah 2 cara diatas merupakan cara yang cukup simpel namun juga ampuh untuk menghilangkan karat pada kenalpot. Masih ada beberapa cara menghilangkan karat pada kenalpot lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu pada artikel kali ini.